12 sinyal yang dikirimkan tubuh ketika terlalu stres (beserta cara mengatasinya)


12-sinyal-yang-dikirimkan-tubuh-ketika-terlalu-stres-beserta-cara-mengatasinya

Manusia, sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sexy, eh maksudnya yang paling mulia, diciptakan dengan begitu kompleks dan sangat berbeda dari ciptaan lainnya karena memiliki emosi, akal dan perasaan.

Namun satu-satunya kendala yang sangat mempengaruhi kondisi manusia adalah stres berlebihan.

Stres sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga kota yang super sibuk dijaman sekarang ini. Macet, tugas yang tak ada habisnya, kejar-kejaran sama deadline,apalagi kalau punya bos yang galaknya seperti emak-emak, tamat hidup lo.

Dr Susan Babel, seorang psikolog spesialis bidang depresi mengatakan bahwa tubuh manusia akan mengirim sinyal-sinyal ketika tubuh dalam kondisi stres, seperti kecemasan, takut, masalah yang belum terselesaikan, dan lain sebagainya.

1. Sakit pada bagian kepala

Stres akan menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa khawatir akan kegagalan atau bisa juga suatu hal sangat mendesak yang membuat kita terburu-buru.

Penyelesaiannya adalah menyediakan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Buatlah diri Anda rileks dan jangan khawatir tentang apapun juga. Buang dulu ungkapan “waktu adalah uang”. Pikiran itu hanya akan membuat Anda semakin “tertarik” untuk melakukan pekerjaan dan hanya akan menambah sakit kepala yang tak ada habisnya.

Istirahatlah dalam ketenangan, dan tanpa gangguan. Hal ini akan sangat membantu menurunkan sakit kepala Anda dan dapat meningkatkan produktifitas pada keesokan harinya.

Bisa juga dengan memijat pada bagian dahi untuk mengurangi sakit kepala.

2. Sakit pada bagian belakang leher

Sakit di bagian belakang leher menandakan beban kebencian terhadap orang lain dan ketidakpuasan dengan ketidaksempurnaan kita sendiri. Leher kita sakit ketika kita tidak bisa memaafkan seseorang atau diri kita sendiri.

Cara mengatasinya adalah dengan mengubah sikap Anda terhadap diri sendiri dan orang lain. Sebagian besar orang tidak akan menyakiti Anda. Dan Anda tidak perlu memenuhi semua harapan atau aturan yang terlalu ketat terhadap diri Anda sendiri.

Tenanglah, dan belajar untuk memaafkan. Belajarlah untuk berpikir positif terhadap orang lain.

3. Nyeri Pada Bahu

Nyeri bahu disebabkan oleh beban emosional dan tekanan secara terus menerus. Mungkin seseorang benar-benar memberi tekanan yang besar pada Anda, seperti bos ataupun orang tua Anda. 

Atau mungkin Anda tidak dapat membuat sebuah keputusan penting dan mulai membawa beban berat ini.

belajarlah untuk curhat dengan orang terdekat

Cara mengatasinya adalah dengan belajar untuk berbagi beban dengan teman dekat, curhat kepada teman atau siapapun yang Anda percayai, dan Anda akan merasa lega. 

Bahkan jika Anda hanya berbicara melalui kekhawatiran Anda, Anda tidak akan harus mengatasi masalah sendirian. Dengan curhat kepada orang lain, mungkin saja akan membantu untuk menemukan solusi sederhana untuk masalah Anda.

4. Sakit pada punggung atas

Kurangnya dukungan emosional dan orang-orang dekat di sekitar kita dapat memanifestasikan dirinya dalam nyeri punggung atas. Hal ini terjadi ketika kita sadar merasa tidak dicintai dan dihargai, ditolak, atau direndahkan.

Cara mengatasinya adalah dengan berkomunikasi dengan lebih banyak orang yang berbeda. Jangan fokus pada diri sendiri. Cobalah untuk terbuka dan ramah. 

Bertemu orang baru, pergi kencan. Dan yang paling penting, jangan menahan perasaan kasih sayang.

5. Sakit pada punggung bawah

Jika kita memiliki kekhawatiran mengenai keuangan, punggung bawah akan terasa nyeri. Mungkin kita diam-diam terobsesi dengan pola hidup orang kaya, atau mungkin orang-orang di sekitar kita membuat kita khawatir tentang uang sepanjang waktu.

Cara mengatasinya adalah dengan menyadarkan diri Anda bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan kita. Ini mungkin terdengar klise, tapi itu adalah kebenaran. 

Oleh karena itu, berhentilah khawatir tentang keuangan! Yang terbaik dalam hidup adalah kebebasan. Lakukan apa yang Anda cintai, dan ini akan membawa Anda tidak hanya sukacita, tetapi juga keuntungan.

6. Nyeri pada siku tangan

Nyeri siku menandakan kurangnya fleksibilitas dan keengganan untuk berkompromi. Kita mungkin menolak beberapa perubahan penting yang mungkin terjadi dalam hidup kita, atau kita merasa takut pada sesuatu yang baru.

Cara penyelesaiannya adalah dengan bersantai. Kadang-kadang kita mungkin berpikir bahwa hidup ini terlalu sulit dan rumit. Tapi itu hanya perasaan saja. Mungkin saja kita yang membuat hal-hal terlihat rumit. 

Jadilah fleksibel, dan jangan menghabiskan energi Anda untuk mengurusi hal-hal yang tidak perlu.

7. Nyeri pada tangan

Nyeri di tangan pertanda seseorang benar-benar membutuhkan teman, ingin beristirahat, dan hanya menjalin hubungan dengan orang-orang yang baik. Jika tangan Anda sakit, lebih baik bagi Anda untuk keluar dari kotak Anda.

Cara mengatasinya adalah dengan banyak-banyak berkomunikasi. Cobalah untuk membuat beberapa teman-teman baru. Pergi makan siang dengan rekan kerja Anda. Membeli tiket untuk acara olahraga atau pergi ke konser. 

Cobalah untuk merasa bahwa Anda adalah bagian dari kerumunan. Jangan ragu untuk berbicara dengan orang-orang baru karena Anda tidak pernah tahu di mana Anda dapat menemukan teman yang baik.

8. Nyeri pada bagian pinggul

Orang-orang yang  terbiasa dalam kehidupan nyaman dan hidup yang dapat diprediksi bisa menderita sakit di bagian pinggul. Takut perubahan dan membuat keputusan besar dan keengganan untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam hidup adalah penyebab dari nyeri pinggul.

Cara mengatasinya adalah enjoylah dengan tantangan. Jangan menahan kehidupan alami. Hiduplah dengan terus bergerak. Melakukan perubahan, dan hanya dengan begitulah kehidupan akan menjadi menarik. Pikirkan semua perubahan hidup sebagai petualangan seru. Dan jangan menunda keputusan penting.

9. Sakit pada bagian lutut

Ego yang besar mungkin adalah penyebab nyeri lutut. lutut bisa terasa sakit ketika kita berpikir tentang diri kita terlalu banyak dan tidak peduli tentang orang lain sama sekali. Dan juga ketika kita benar-benar yakin dunia berputar hanya di sekitar kita.

Cara mengatasinya adalah mulailah peduli kepada orang lain. Silakan melihat-lihat lingkungan sekitar Anda. Anda bukan satu-satunya orang di alam semesta. Jadilah orang yang penuh perhatian kepada orang lain.

Dengarkan teman Anda, membantu ibu Anda, menutupi rekan kerja Anda. Membantu orang lebih sering. Anda juga dapat menghabiskan waktu untuk orang lain dengan sukarela.

10. Nyeri pada bagian betis

Nyeri dibagian betis adalah tanda ketegangan emosional. Posesif, kekhawatiran konstan tentang hubungan, dan cemburu buta adalah penyebab lainnya.

Cara mengatasinya, percayalah kepada teman dekatmu. Sangat penting untuk belajar mempercayai bagian lain dari diri Anda. Santai dan berhenti mengendalikan pasangan Anda. Mungkin sudah saatnya untuk meninggalkan sesuatu yang terlalu banyak mengganggu Anda atau hal-hal yang membuat Anda menjadi gelisah.

11. Nyeri pada bagian pergelangan kaki

Nyeri di pergelangan kaki mungkin berarti bahwa kita melupakan diri kita sendiri dan membutuhkan lebih banyak kesenangan dalam hidup kita. Mungkin pekerjaan kita mengambil semua waktu kita, atau kita tidak memperhatikan kebutuhan kita cukup serius dan selalu menahan impian kita.

Cara mengatasinya adalah dengan berhenti berpacu dan buatlah impianmu jadi kenyataan. Saatnya untuk memanjakan diri. Membeli hal yang mahal, memiliki tidur yang baik, mencoba makanan lezat. 

Lupakan pekerjaan Anda selama beberapa waktu, dan berpikir tentang hubungan romantis, misalnya. Atau rencana perjalanan imipan.

12. Sakit pada bagian kaki

Apatis dapat menjadi penyebab sakit kaki. Ini seperti tubuh kita menolak untuk bergerak maju. Sepertinya kita takut akan kehidupan dan tidak melihat titik terang untuk bergerak maju. Ketika kita sadar dan berpikir bahwa semuanya berjalan dengan tidak sebagaimana mestinya dan seluruh hidup kita adalah kegagalan besar, maka kaki akan terasa sakit.

Cara mengatasinya adalah dengan mengisi hidup Anda dengan cinta dan kebahagiaan.

Belajarlah untuk memperhatikan kebahagiaan kecil disetiap kehidupan Anda. Lihatlah betapa indah dunia dan orang-orang di dalamnya! 

Nikmati selera yang berbeda, suara, angin, dan matahari.Mengadopsi hewan peliharaan berbulu, atau mencoba hobi baru. Mengisi hidup Anda dengan hal-hal yang menarik. 

Lupakan semua kenangan buruk, dan tersenyum lebih. Temukan sesuatu yang membawa Anda kebahagiaan setiap hari!

Kesimpulan

Kesimpulannya sederhana: mencintai diri sendiri dan memaafkan diri sendiri. Memikirkan orang lain, dan mencoba untuk tidak menyimpan dendam terhadap orang lain. Berkomunikasi lebih, tersenyum (karena senyum terlihat begitu baik pada Anda!), Dan tetap sehat!

Jangan khawatir mengenai apapun juga, dan jangan lupa bahagia. 

Sumber Artikel

What's Your Reaction?
Angry Angry
0
Angry
Funny Funny
0
Funny
WOW WOW
1
WOW
Cry Cry
1
Cry
Like
0
Like
Love Love
0
Love
[wordpress_social_login]


OR


Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

reset password

Back to
log in

Choose post type

News Image List Poll Quiz Video
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Video
Audio
Image